Aneka Tanaman Untuk Taman

Seperti layaknya musim pakaian, musim tumbuhan penghias taman pun selalu berganti tiap tahunnya. Jika beberapa tahun kemudian pinang merah menjadi simbol status pemiliknya, maka kini pinang merah menjadi sangat gampang ditemui di mana saja dengan harga relatif murah.

Sebaliknya tanaman-tanaman yang dulunya tumbuh liar di kampung, hutan, dan pantai menjadi terkenal di kalangan konsumen tumbuhan hias dengan harga mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Berikut yaitu beberapa tumbuhan yang pernah dan masih menjadi musim tumbuhan hias taman.

o Asam Jawa
Asam Jawa berjulukan latin Tamarindus Indica. Mulanya, pohon ini banyak ditanam untuk pohon penghijauan di sepanjang pundak jalan. Berkarakter batang besar lengan berkuasa dan sering dijadikan tumbuhan bonsai. Kini, tumbuhan tropis Afrika mulai terkenal sebagai tumbuhan hias taman. Tingginya sanggup mencapai 25 m.


Buah polongnya berwarna cokelat kira-kira panjangnya 10 cm dengan daging buah yang memiliki rasa masam. Daunnya kecil-kecil, panjangnya 2 cm, berbunga kuning pucat berukuran 2 cm dan bergaris merah. Dengan bonggol yang artistik ditambah bentuknya yang berdaun rimbun, tumbuhan ini sanggup ditanam di sisi dinding semen berelief alami atau di pinggir bak di antara batu-batu alam.

o Bambu Jepang
Bambu jepang berjulukan latin Chimonobambusa quadrangularis. Sesuai namanya, bambu ini berasal dari Cina dan Jepang. Dapat tumbuh tinggi hingga 10 m. Daunnya berukuran 5-15 cm dan 2 cm lebarnya, berwarna hijau, dan berdaun sejajar. Batang berwarna tembaga dengan tebal kira-kira 2 cm. Bambu ini rimbun sehingga sering dijadikan screen di dinding tembok yang tinggi dan ditanam di pagar sebagai pembatas. Bambu jepang juga sanggup ditanam di antara batu-batuan di pinggir kolam.

o Bambu Kuning
Bernama latin Phyllostachys sulphurea. Bambu ini memiliki warna batang kuning bau tanah yang berasal dari Jepang dan Cina. Tingginya mencapai 4-9 m dengan diameter batang mencapai 8 cm. Mempunyai daun berwarna hijau dengan panjang 12 cm dan lebar 2 cm. Bagian di bawah daun berwarna hijau kebiruan dan gagang daun berwarna keunguan. Daunnya tersusun melengkung inilah yang menyebabkan kombinasi menarik dengan batang kuning emas.


Bambu ini anggun ditanam berkelompok di sepanjang jalan untuk pengarah, bambu ini akan mengurangi kesan kaku kalau ditanam di sisi dinding yang tinggi, dan menunjukkan kesan alami dengan serumpun bambu kuning kalau ditanam di antara batu-batuan di pinggir kolam.

o Beringin
Bernama latin Ficus benjamina. Tanaman ini tumbuh dengan tinggi mencapai 7-8 m dan semakin bertambahnya umur tajuknya semakin lebar. Daunnya berwarna hijau mengkilap, berbentuk oval, dan panjangnya 8-10 cm. Tanaman ini memiliki akar berjenis akar gantung. Tanaman ini tumbuh baik di kondisi kering, tanah berdrainase bagus, dan menerima cahaya matahari penuh. Beringin sering dipakai sebagai tumbuhan bonsai.

o Beringin Karet
Bernama latin Fetus retusa. Beringin ini memiliki batang besar dan sanggup tumbuh tinggi. Berdaun tebal, bentuknya oval hingga agak bulat dengan panjang 8-10 cm, berwarna hijau, permukaanya mengkilap, dan susunan daunnya padat membentuk tajuk kompak yang gampang dipangkas dan dibentuk. Tanaman ini berasal dari Cina bab selatan di kawasan subtropis. Beringin karet sering dipakai sebagai tumbuhan bonsai.

Itulah beberapa tumbuhan yang biasa dimanfaatkan untuk tumbuhan hias di taman. Semoga bermanfaat.

Sumber http://middlenamemarie.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini