Konstruksi Ban

           Ban merupakan bab yang eksklusif bekerjasama dengan jalan yang merubah gerakan putar axle menjadi putaran ban dengan adanya gesekan. Gesekan terjadi antara ban dan permukaan jalan memungkinkan kendaraan sanggup menghasilkan perjuangan dengan adanya perpindahan (jarak yang ditempuh).
Struktur dari ban pada umumnya terdiri atas empat penyusun, yaitu:
1. Tread,
          Merupakan telapak ban yang eksklusif bersinggungan dengan jalan. Tread merupakan lapisan yang sangat tebal yang terbuat dari karet kenyal dan tahan terhadap keausan.
2. Carcass
         Merupakan penyusun ban yang terdiri atas lembaran-lembaran ply cord yang saling menyilang yang membentuk rangka dari ban bab luar.
3. Breaker
         Terletak antara tread dengan carcass.Breaker merupakan lapisan tipis karet yang lembut. Breaker bisa menahan perubahan elastisitas dan meredam goncangan pada ban jawaban jalan.
4. Bead
          Merupakan rangkaian kawat yang dipasang pada lapisan ban. Pemasangan bead menyebabkan kekokohan rangka ban dan menjamin pemasangan ban pada pelek mudah. Tiap kawat dilapisi oleh karet yang keras.
Jenis ban pada umumnya dibagi menjadi 3 struktur, yaitu;
1. Struktur biasa
             Struktur ban ini merupakan ban yang banyak dipakai kendaraan pada umumnya. Konstruksi yang kokoh terdiri atas lembaran-lembaran cord yang saling menyilang membentuk sudut 40 hingga 60. Kelebihan struktur ban ini ialah bisa menahan beban lebih besar dan menjamin kestabilan pada tekanan yang tinggi. Pemakaian ban ini pada umumnya cocok untuk kendaraan berat yang tidak mementingkan kecepatan akan tetapi bisa menahan beban.
2. STRUKTUR RADIAL
            Struktur ban radial bisa menahan deformasi walaupun pada kecepatan tinggi. Konstruksi lembaran cor dalam arah radial terhadap crow dari ban. Struktur ini kini banyak dipakai terutama pada kendaraan yang dirancang memenuhi aspek  kecepatan dibanding kemampuan menahan beban, dimana bisa menahan panas dari ukiran dengan jalan. Akan tetapi pemakaian ban ini mempunyai harga relatif mahal dibanding ban biasa.
Untuk mengatakan performa suatu ban, maka perlu adanya suatu spesifikasi yang membuktikan jenis ban, konstruksi, ukuran dari ban dan spesifikasi lain, biar gampang dikenali pemakai. Berikut ini ditunjukkan spesifikasi suatu ban.
Contoh instruksi ban
185 SR - 15
185 = adalalah tinggi ban dalam inci.
S. = tanda kemampuan kecepatan
R. = jenis ban radial
15. = garis tengah pelek dalam inci.

Sumber http://mynewdivana.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini